Jumat, 29 Maret 2013

Gunung Merbabu via Selo

Gunung Merbabu, merupakan gunung pertamaku di dunia mountaineering. Pendakian ini mealui jalur Selo dan merupakan kegiatan wajib gunung sebagai salah satu syarat bagi anggota muda di Palamega (Pecinta Alam Mahasiswa Mesin Gadjah Mada). 

Pendakian kali itu diikuti oleh 9 orang anggota muda dan 5 orang pendamping. Anggota muda adalah saya (Cireng) sebagai sweeper, Kemsot sebagai ketua perjalanan, Beler bersama Blawong yang bertanggung jawab atas perlengkapan selama pendakian, Tonyir sebagai bendahara, Kintul dan Siweng yang mengurusi logistik, Atun dan Nyimel yang bertugas mencatat perjalanan kami. Pendamping adalah Mas Pundy, Mas Satrio, Mas Dias, Mas Manro dan Mbak Tyas.

Pemanasan (sesaat setelah upacara pelepasan)

Sabtu, 9 Maret 2013
Upacara pelepasan Wajib Gunung I Palamega 2013 dilaksanakan pukul 08.20 WIB yang bertempat di Lapangan Basket KMTM UGM. Perjalanan dimulai dari KMTM UGM pukul 08.35 dengan menggunakan 8 motor dalam keadaan cuaca cerah. Anggota yang berangkat berjumlah 14 orang dengan Anggota Muda sebanyak 9 orang dan pendamping sebanyak 5 orang. Setelah perjalanan yang memakan waktu sekitar 3 jam, dengan medan yang sulit dilalui motor di dekat basecamp, akhirnya tim sampai. Jam menunjukkan pukul 12.19 saat kami tiba. Tim langsung malaksanakan sholat dan makan makanan ringan, lalu bersiap-siap untuk pendakian.

Basecamp

Pendakian dimulai pada pukul 13:13. Keadaan saat tim berangkat mulai mendung. Track untuk menuju pos I lumayan landai, banyak bonus track yang memudahkan pendakian sehingga tenaga tidak terkuras terlalu banyak. Selama perjalanan juga banyak akar – akar pohon yang dapat dijadikan pijakan. Selain itu juga banyak pohon tumbang. Setelah beberapa menit, pohon – pohon pinus mulai kelihatan dan semak belukar juga semakin sering ditemui, bahkan di beberapa titik, tim harus melewati bawah atap semak belukar. Semakin lama track semakin menanjak dan berlubang – lubang.

Banyak dari Anggota Muda yang kewalahan karena ini adalah pendakian pertama bagi mereka, bahkan tim sempat terbagi menjadi dua rombongan, meskipun  memang jaraknya tidak terlalu jauh. Tim juga menemui percabangan saat menuju pos I, yaitu percabangan pertama ambil kiri, percabangan II ambil lurus kanan, dan percabangan III ambil kanan.

Tim rombongan pertama tiba di Pos I tepat pukul 14.35. Semuanya melepas lelah dengan makan roti. Setelah 14 menit menunggu, tim rombongan kedua datang, tim lengkap. Dari Pos I, tim berangkat pukul 14.51 dengan keadaan mendung dan mulai turun gerimis. Track untuk menuju pos II lebih sulit karena lebih menanjak dan berlubang – lubang, bahkan di beberapa titik, track bersebelahan langsung dengan jurang. Ditambah lagi, beberapa menit setelah tim berangkat, hujan bertambah deras, menyebabkan udara menjadi dingin. Tim sampai di Pos II pada pukul 15.30 dengan anggota tim lengkap.

Pos II

Berangkat dari Pos II pukul 15.44 dengan keadaan hujan yang masih terus turun. Track sulit terutama karena pijkan satu ke pijakan selanjutnya jauh, sehingga membutuhkan energi yang lebih saat berjalan. Selain itu, jalannya sangat berlubang, sementara hujan membuat track licin. Aliran air yang turun sepanjang track membuat sepatu dan celana basah. Setelah perjalanan yang benar – benar melelahkan, tim sampai di Pos III pada pukul 17.00. Karena hari yang sudah mulai gelap, diputuskan untuk tidak beristirahat di pos ini, tetapi langsung naik ke Sabana I.

Dari Pos III menuju Sabana I track ekstrem. Hal ini terutama disebabkan karena hujan. Sementara track sendiri memiliki elevasi yang tinggi. Jarak antar pijakan jauh dan karena hujan, pijakan – pijakan menjadi lebih licin dan sempit akibat tergerus air. Beberapa anggota tim terperosok karena memang track sangat tidak mudah untuk dilalui. Tim kembali terpisah menjadi dua rombongan di tempat ini. Sebenarnya jarak dari Pos III ke Sabana I jauh lebih dekat daripada jarak antar pos sebelumnya, namun waktu yang dibutuhkan hampir sama dengan waktu yang digunakan untuk berjalan antar pos sebelumnya. Hal itu disebabkan oleh track menanjak dan sangat licin. Tim tiba di Sabana I pada pukul 18.05.

Saat sampai di Sabana I, hujan benar – benar deras dan angin bertiup kencang. Rombongan pertama yang telah sampai terlabih dahulu telah membuat tenda I. Anggota tim yang kelelahan langsung ganti baju, sementara yang lain membuat dua tenda lain di bawah guyuran hujan. Tak berapa lama, tenda akhirnya selesai. Udara benar – benar dingin sehingga tim langsung bersiap – siap  untuk masak. Masakan yang dibuat sesuai dengan yang telah direncanakan (nasi, mie instant, kornet, naget, sayur sup). Setelah makan dan beres – beres tenda, seluruh anggota tim tidur untuk mempersiapkan tenaga menuju puncak besok hari.

 
Sunset (Gunung Lawu dari Sabana I)


Gunung Merapi dari Sabana I

Minggu, 10 Maret 2013
Cuaca pagi itu benar–benar cerah. Sunrise di Sabana I juga sangat menawan. Pagi itu baru tim menyadari bahwa pada hari itu banyak sekali pendaki lain, Gunung Merbabu sangat ramai hari itu. Setelah berfoto ria dan membereskan tenda, tim bersiap untuk menuju puncak. Carrier yang dibawa sebanyak dua buah. Anggota yang berangkat ke puncak ditetapkan sebanyak 13 orang, sementara 1 orang tinggal untuk menjaga tenda.

Tim berangkat pukul 06.45, kami berangkat pagi-pagi untuk menghindari kabut yang akan muncul di siang hari. Kami berjalan cukup santai karena meskipun track memiliki elevasi tinggi, namun mudah dilalui, terima kasih pada Yang Maha Kuasa karena hujan tidak mengguyur. Pemandangan sepanjang perjalanan menuju puncak benar – benar indah, seperti melihat lautan awan dan langit di bagian atas serta hamparan hijau yang luas di bagian bawah. Puncak Merapi juga terlihat dari tempat kami berpijak. Sayangnya, edelweis yang begitu terkenalnya itu belum bermekaran. Melewati Sabana II, ternyata banyak yang membuat camp di sini.


Puncak Triangulasi

Pada pukul 08.11 bonus yang sudah lama kami tunggu – tunggu akhirnya tercapai. Puncak Triangulasi akhirnya terjamah oleh kaki – kaki kami. Semua anggota langsung berfoto dan menikmati keindahan dari atas. Puncak juga ramai kerena banyak pendaki memutuskan untuk muncak di pagi hari. Setelah semua anggota lengkap dan selesai melepas lelah, upaca pun dimulai. Upacara ini benar – benar kenangan spesial untuk Anggota Muda, karena ini adalah upaca pertama yang dilakukan di puncak. Selanjutnya, memenuhi syarat selanjutnya yaitu ambil foto wajib puncak. Anggota Muda laki – laki berfoto telanjang dada, sementara Anggota Muda perempuan tidak boleh mengenakan jaket. 



Upacara

Gn. Merapi dari Puncak Triangulasi

Pukul 09.20 tim turun lagi ke Sabana I, sampai disana pukul 10.25. Setelah masak dan makan, semua bersiap – siap untuk turun dan melakukan program bersih gunung. Jalur yang dilalui untuk turun tetap jalur via Selo. Kabut sudah mulai menumpuk, namun tidak ada indikasi akan terjadinya hujan.  Pukul 12.50 tim turun dari Sabana I. Track yang kemarin dilalui menjadi lebih mudah karena tidak begitu licin. Memang beberapa ada yang jatuh karena tetap saja licin karena hujan kemari masih tersisa. Pukul 16.05 tim sampai di basecamp kembali. Dan ini menandai berakhirnya Wajib Gunung I Angkatan 2013.google.com