Jumat, 14 September 2012

The Lorax

Film ini film kartun, awalnya males juga mau nonton film kartun apalagi ini di kampus. Tapi karena kakak-kakak HMTI-PWK udah nyiapin segalanya, aku paksain buat nonton. Selain karena ada tulisan ("Free Entry, Snack, Doorprize").

Film itu berceritakan tentang seorang pemuda yang menemukan hutan yang di dalamnya terdapat banyak sekali pohon dan hewan. Hewan hidup dengan nyaman di sana. Pada suatu hari, seorang pemuda menemukan hutan itu, dan berencana mengeksploitasinya. Pemuda itu menawarkan makanan kepada para hewan dan mereka menyukainya. Berawal dari menebang satu batang pohon. Setelah pohon pertama ditebang, turunlah The Lorax "The Guardian Forest". Lorax berwujud seperti berang-berang berwarna oranye dengan kumis panjang dan lebat. Lorax bersama hewan lain memperjuangkan pohon-pohon di situ. 

Mereka mencoba merobohkan tenda yang dibuat pemuda itu di tengah hutan, dengan maksud membuatnya tak nyaman dan segera pergi dari hutan itu. Suatu malam Lorax dan para hewan mengeluarkan pemuda itu dari dalam tendanya dan bermaksud menghanyutkannya melalui sungai. Tapi sialnya, pemuda itu tidur sambil memeluk salah satu hewan. Mereka berusaha menyelamatkan hewan "sanderaan" pemuda itu. Hingga akhirnya pemuda itu menemui jeram-jeram yang berbahaya yang bermuara di air terjun. Sebelum sampai di air terjun, Lorax menjatuhkan batu besar dari atas tebung sehingga membuat pemuda dan hewan "sanderaan" terlontar kembali ke daratan.

Pemuda itu pingsan. Lorax mencoba membangunkannya dengan membuat pemacu detak jantung dari hewan-hewan di sekitar. Cara itu berhasil. Pemuda itu marah kepada Lorax dan para hewan. Pemuda itu memperkenalkan hutan itu kepada banyak orang dan menjualnya. Pohon-pohon di tebang semuanya. Di bangun vila bernama "Thneedville" di hutan itu. Dalam vila itu terdapat banyak pohon tiruan dan seorang pengusaha terkenal yang menjual udara bernama O'hare. Produknya diberi nama O'HARE bottled air.

Pada akhirnya, seluruh pohon di hutan itu habis di eksploitasi. Lorax bersama para hewan pergi meninggalkan pemuda itu sendirian. Pemuda itu menyesal. Hingga pada suatu hari ia bertemu dengan Ted. Ia menyuruh Ted untuk memperjuangkan agar satu bibit tanaman ditanam dan diperbanyak. Hal itu tak mudah, Ted harus berebut bibit dengan O'hare. O'hare takut usahanya bangkrut bila tanaman itu tumbuh dan menimbulkan banyak udara.

Namun Ted berhasil meyakinkan para warga Thneedville untuk bersama-sama menanam dan merawat bibit tersebut. Usaha itu berhasil. Dan muncullah banyak pohon dan udara segar untuk kehidupan mereka. Sekian.

Dari film itu kita bisa belajar tentang begitu pentingnya pohon/tanaman dalam hidup kita. Banyak sekali masalah yang akan muncul bila tak ada pohon/tanaman. Mari tanam pohon!!!

Tidak ada komentar: